Anak-anak

‎7 Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Otak Anak yang Perlu Anda Ketahui

Januari 6, 2018 | COMMENT

Anak yang cerdas dan memiliki daya ingat yang baik tentu menjadi dambaan semua orang tua. Sayangnya, setiap anak memiliki kemampuan mengingat dan kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang mudah lupa sehingga sulit menangkap pelajaran di sekolah, dan ada juga yang mudah mengingat segala hal.

Sebagai orang tua, apa yang sebaiknya Anda lakukan agar si kecil memiliki daya ingat dan kecerdasan yang baik? Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan.

 

1. Bermain Sambil Belajar

Bermain merupakan aktivitas yang paling disukai anak-anak. Karenanya, bermain sambil belajar bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak si kecil. Beberapa permainan yang bisa merangsang daya ingat anak antara lain puzzle, mewarnai, permainan mengingat bentuk dan warna, menempelkan angka dan huruf, dan masih banyak lagi lainnya.

 

2. Bercerita Bersama

Membacakan dongeng untuk si kecil sebelum tidur juga bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otaknya. Selesai mendongeng, ajak si kecil untuk kembali mengingat jalan cerita dengan memintanya bercerita ulang sesuai dengan versinya; atau memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk melatih daya ingatnya. Selain buku cerita, Anda juga bisa menggunakan boneka tangan, gambar, atau media-media lain yang dapat menarik perhatian si kecil.

 

3. Berikan Stimulasi Sesuai dengan Usia dan Kondisinya

Setiap orang tua tentu ingin anaknya memiliki perkembangan yang optimal. Meski begitu, jangan sampai hal ini membuat Anda menjadi hurried parents atau orang tua yang terburu-buru dalam memberikan stimulasi untuk anak.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda mengajarkan baca dan tulis di usia 2-4 tahun. Pada usia ini, pengajaran sebenarnya hanya cukup sampai proses pengenalan saja, bukan memaksa anak agar menguasai sepenuhnya. Ketika anak sudah mencapai usia lima tahun, secara perlahan mereka akan mulai bisa membaca dan menulis dengan sendirinya.

 

4. Berolahraga Teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, tidak terkecuali untuk perkembangan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Medical College of Georgia menunjukkan bahwa ketika anak-anak yang kelebihan berat badan pada usia 7-11 tahun melakukan aktivitas fisik selama 20 atau 40 menit sehari, mereka mengalami perbaikan fungsi kognitif otak setelah melakukannya selama 13 minggu.

Hal tersebut terjadi karena pergerakan tubuh mengaktifkan daerah-daerah penting di otak yang memengaruhi daya pikir anak. Karenanya, ajak si kecil untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga tubuhnya agar selalu sehat dan meningkatkan perkembangan otaknya.

 

5. Cukupi Waktu Tidur

Tak hanya baik untuk kesehatan, tidur ternyata juga memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan saraf-saraf otak. Bahkan, studi yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan fakta bahwa tidur yang cukup merupakan salah satu kunci paling penting untuk mempertahankan daya ingat. Sebab, otak akan menyimpan hal-hal penting yang dipelajarinya ketika tidur.

Untuk itu, pastikan agar si kecil selalu mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap harinya. Menurut Nasional Sleep Foundation (NSF), waktu tidur yang direkomendasikan untuk anak-anak adalah selama 11-13 jam per hari, dan sudah termasuk tidur siang.

Nah, agar si kecil mendapatkan tidur yang berkualitas, gantilah perangkat tidur biasa Anda dengan Mijon Healing Matress dari Mijond Sagha.

 

Matras ini merupakan matras kesehatan yang dibuat dari dua material alami, yaitu getah lateks organik dan serat bambu organik.

Mengadopsi futon tradisional dari Jepang, matras ajaib ini sangat baik bagi bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, matras tersebut dapat menyangga tulang punggung dengan baik selama tidur sehingga membuat mereka tidur lebih nyenyak.

 

6. Berikan Asupan Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi sangat baik untuk meningkatkan daya ingat dan merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Berikut adalah beberapa makanan  kaya nutrisi yang bisa Anda berikan kepada si kecil. agar ia memiliki daya ingat dan kecerdasan yang baik.

• Ikan Salmon

Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat baik dalam meningkatkan fungsi otak anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gotebork University Swedia, orang yang banyak mengonsumsi asam lemak omega 3 terbukti berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil yang lebih memuaskan pada uji kemampuan. Beberapa ikan yang memiliki banyak kandungan asam lemak omega 3 antara lain adalah ikan tuna, ikan makerel, serta ikan sarden.

• Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan berprotein tinggi yang mudah didapat dan cukup terjangkau. Terlebih lagi, bagian kuning telur juga memiliki banyak kandungan kolin yang berguna untuk membantu perkembangan otak anak-anak dan remaja. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Boston University, orang yang rajin mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan kolin akan memiliki memori yang lebih baik dan memiliki risiko lebih rendah mengalami demensia.

• Sayuran Berwarna

Bayam, wortel, ubi, labu, serta tomat merupakan beberapa sayuran berwarna yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kekuatan otak. Pada umumnya, semakin cerah warna sayuran, maka akan semakin banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya.

• Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi merupakan mineral esensial yang dapat membantu anak-anak untuk selalu berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga memiliki kandungan mineral lain, seperti seng yang baik untuk menjaga daya ingat.

 

7. Biarkan Anak Mengakrabkan Diri dengan Alam

Bermain di luar rumah akan meningkatkan fungsi otak, konsentrasi, serta kontrol impuls dan memori anak. Karenanya, biarkan si kecil bermain di luar rumah setidaknya 20 menit sehari, agar mereka memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan mencari tahu hal-hal baru.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak anak. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

WhatsApp chat