Blog

Terapi Kesehatan, Sebuah Alternatif Pengobatan Berbagai Macam Penyakit

Januari 14, 2018 | COMMENT

Di Indonesia, terapi kesehatan cukup populer, terutama bagi orang-orang yang sedang mencari cara untuk menyembuhkan penyakit. Di bidang kesehatan, kata “terapi” sering disamakan dengan pengobatan. Aktivitas tersebut memang bertujuan mengobati penyakit yang diderita seseorang, meskipun cara dan kandungan bahan yang digunakan berbeda dengan pengobatan kimia.

Terapi kesehatan, di sisi lain, lebih menekankan pada merevitalisasi energi tubuh sehingga Anda akan merasa lebih sehat. Cara yang digunakan sendiri bervariasi, termasuk melalui relaksasi atau pemijatan dan latihan pernapasan. Yuk, cari tahu informasi selengkapnya tentang terapi kesehatan!

 

Manfaat Besar Terapi bagi Kesehatan

Terapi kesehatan, khususnya yang melibatkan pemijatan dan latihan pernapasan, memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda. Secara umum, terapi merupakan sebuah cara efektif untuk membantu Anda meningkatkan kondisi kesehatan. Bagi orang yang sakit, terapi juga menjadi alternatif pengobatan umum oleh dokter. Adapun manfaat besar terapi selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Memperlancar peredaran darah—kalau sirkulasi darah lancar, tubuh Anda akan mendapat lebih banyak nutrisi. Hal ini berbeda dengan peredaran darah yang kurang lancar dan menyebabkan nutrisi dari makanan tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh bagian tubuh.
  • Membuat tubuh lebih relaks—pemijatan merupakan cara aman untuk melemaskan otot dan persendian sehingga tubuh bisa menjadi lebih relaks. Menariknya, tidak hanya pijat, menarik napas dalam-dalam juga bisa membuat Anda merasa lebih relaks dan bagian dada terasa lebih hangat.
  • Menyembuhkan berbagai penyakit—jenis penyakit yang disembuhkan tergantung pada jenis terapi yang diberikan. Misalnya, pada terapi ion, penyakit yang bisa disembuhkan di antaranya terkait dengan kandungan gula darah, sistem imun, peradangan dan nyeri, racun dalam tubuh, dan masalah pencernaan.
  • Merevitalisasi energi tubuh—terapi dapat membuat rasa lelah dan pikiran negatif berkurang sehingga Anda kembali merasa bersemangat dan penuh energi kembali.
  • Memperbaiki kinerja organ tubuh—dengan terapi, organ tubuh dapat kembali bekerja dengan maksimal, terutama kalau organ bersangkutan belum terkena penyakit parah. Terapi bisa menjadi cara perawatan organ tubuh yang tepat.

Namun, perlu diperhatikan, manfaat lebih spesifik bisa didapat kalau terapi yang dilakukan juga cukup spesifik. Inilah yang menyebabkan ada banyak jenis terapi kesehatan di Indonesia. Selain terapi pemijatan, terdapat juga terapi inframerah, terapi ikan, terapi musik, dan masih banyak lagi. Seperti terapi pijat, terapi lainnya juga memiliki manfaat untuk menjaga kondisi kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Luar biasa, bukan?

 

Cara Kerja Terapi Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat besar terapi kesehatan, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara kerja terapi sehingga bisa menghasilkan efek sedasyat itu? Ternyata, efek terapi tidak ada hubungannya dengan hal mistis yang sulit dijelaskan dengan logika. Sebaliknya, cara kerja terapi justru memiliki penjelasan lebih ilmiah.

Cara kerja terapi cukup sederhana, tetapi tetap efektif. Terapi kesehatan bermanfaat untuk mensuplai tubuh dengan ion negatif, terutama kalau Anda melakukannya di tempat yang sejuk dan bebas polusi, misalnya dekat air terjun dengan pepohonan rindang.

Tidak seperti namanya, ion negatif tidak berdampak negatif bagi tubuh. Sebaliknya, ion-ion tersebut justru bermanfaat besar dalam memperlancar peredaran darah, menetralkan radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, membersihkan darah dari zat buruk, dan menyeimbangkan sistem saraf.

Sayangnya, semakin bertambah usia, semakin mudah untuk menumpuk ion positif di dalam tubuh. Penyebabnya, banyak makanan mengandung ion tersebut, di antaranya dalam bentuk ion kalium, magnesium, kalsium, dan natrium. Kalau terlalu banyak ion positif, kesehatan tubuh menurun dan Anda pun menjadi rawan terkena penyakit. Untuk menghindarinya, Anda membutuhkan ion negatif dari luar tubuh dengan cara terapi. Ion-ion negatif ini akan membuat tubuh semakin netral.

Itu baru soal menambah ion negatif di tubuh saja. Masih ada penjelasan logis lain tentang bagaimana cara terapi bekerja. Misalnya, dengan pemijatan, otot-otot di tubuh akan merasa semakin relaks. Pembuluh darah bisa lebih efektif menjalankan fungsinya dalam sistem sirkulasi darah di tubuh. Dengan latihan pernapasan, pasokan oksigen di dalam tubuh pun semakin banyak.

 

Terapi Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Meskipun terapi yang baik biasanya dilakukan oleh seorang terapis yang terlatih dan berpengalaman, prinsip melakukan terapi bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah, terutama kalau keluhan kesehatan tidak terlalu parah. Berikut adalah beberapa terapi yang bisa Anda lakukan di rumah, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

 

1. Terapi pernapasan

Terapi satu ini sangat penting untuk memperbaiki kualitas pernapasan Anda. Kalau pernapasan buruk, ada banyak masalah kesehatan yang muncul, misalnya insomnia, kurang konsentrasi dan stamina melemah, paru-paru lemah, dan masalah jantung. Untuk menghindari hal di atas, lakukan terapi pernapasan sendiri di rumah. Pastikan Anda melakukan teknik pernapasan dengan benar, misalnya dengan teknik yoga.

 

2. Melakukan gerakan fisik

Terapi sering kali melibatkan gerakan fisik tertentu. Jenis gerakannya sendiri bervariasi, tergantung pada masalah kesehatan yang Anda hadapi. Misalnya, untuk vertigo, Anda perlu melakukan gerakan pada persendian dan bola mata. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan kalsium pada rongga telinga bagian dalam yang bisa menjadi penyebab vertigo. Secara umum, olahraga sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh semakin sehat.

 

3. Terapi pijat

Terapi lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah pijat. Anda bisa melakukannya pada keluarga atau pada bagian tubuh sendiri yang bisa dijangkau dengan tangan. Untuk membuat terapi pijat semakin efektif, Anda bisa menggunakan Levender Pure Essential Oil.

Diekstrak dari senyawa alami tumbuh-tumbuhan, minyak tersebut diolah dengan teknologi tinggi sehingga senyawa yang ada menjadi semakin aktif melakukan penetrasi ke dalam tubuh. Sebagai hasilnya, terapi yang dilakukan bisa semakin efektif mengangkat penyakit seperti pegal, nyeri, inflamasi, dan sesak napas.

Nah, dari paparan di atas, jelas terlihat kalau terapi kesehatan bermanfaat besar bagi tubuh Anda. Tak mengherankan kalau kemudian terapi disebut-sebut sebagai alternatif efektif dari pengobatan dokter. Apakah Anda sudah mencobanya?

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat