Blog

Para Manula pun Butuh Berolahraga, Inilah 7 Cara untuk Melakukannya

Januari 10, 2018 | COMMENT

Seiring dengan bertambahnya usia, sering kali kemampuan fisik terasa semakin berkurang. Akibatnya, banyak orang lanjut usia cenderung enggan melakukan olahraga. Alasannya, kegiatan olahraga itu melelahkan dan tidak jarang malah menimbulkan masalah lainnya, seperti pegal dan linu di tubuh.

Bagaimana pun, olahraga itu sebenarnya menyehatkan, lo. Hanya saja, tidak semua olahraga sesuai dengan keadaan fisik dan kesehatan seseorang. Maka dari itu, penting untuk menemukan jenis gerak tubuh yang cocok agar tubuh tetap sehat.

Jika Anda sedang mencari olahraga yang pas untuk orang tua, kakek dan nenek, atau bahkan Anda sendiri, ketujuh olahraga di bawah ini bisa Anda coba:

 

1. Jalan Sehat

Joging atau sekadar jalan sehat mungkin tidak akan terasa melelahkan bagi tubuh. Apalagi jika dilakukan hanya dalam waktu yang singkat, misalnya 30 sampai 45 menit. Tidak perlu jauh-jauh, jalan sehat di daerah sekeliling rumah saja sudah cukup.

Jangan lupa, gunakan sepatu yang nyaman dan lakukan olahraga pada waktu yang tepat. Dengan udara yang masih segar, pagi hari adalah waktu yang cocok untuk joging atau jalan sehat.

Jika merasa bosan, Anda juga bisa ikut komunitas jalan sehat. Tentu, jika dilakukan bersama-sama, olahraga tidak akan terasa berat.

 

2. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki sedikit risiko cedera fisik. Lakukanlah latihan berenang satu atau dua kali dalam seminggu. Agar terhindar dari pegal dan sakit persendian, Anda wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam air.

Nah, bagi yang merasa bermasalah dengan persendian atau tidak bisa berenang, jangan khawatir. Renang masih bisa tetap jadi solusi bagi Anda. Secara teori, ketika kita berada di dalam air, gravitasi yang dialami tubuh berada dalam titik nol, alias tanpa gravitasi. Jadi, semua otot tubuh bisa bekerja maksimal tanpa pengaruh tarikan gravitasi dari bumi.

Hanya berendam dan berjalan di dalam air pun sudah bisa melatih otot para orang tua yang sudah lanjut usia. Jadi, tidak perlu jago berenang untuk tetap merasakan manfaat olahraga air yang satu ini.

 

3. Yoga

Selain terkenal sebagai olahraga yang gentle, praktik yoga juga biasanya diiringi dengan latihan pernapasan yang baik bagi para manula. Namun, untuk melakukan yoga dengan benar, Anda perlu mencari guru atau praktisi yang tepercaya.

Gerakan yoga memang banyak sekali. Di antara gerakan tersebut juga terdapat posisi-posisi khusus yang bisa memperbaiki fungsi otot dan tulang. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi yoga untuk mengetahui posisi terbaik yang harus dilatih tubuh Anda setiap hari.

Olahraga yoga memang sebaiknya dilakukan setiap hari, sayangnya jarang terdapat kelas yang memberikan latihan setiap hari. Solusinya, pelajari gerakan dan lakukan sendiri di rumah di luar jam latihan dari guru Anda.

 

4. Senam

Senam bukan hanya menyehatkan, tetapi juga menyenangkan. Pertama, senam biasanya dilakukan dengan latar belakang lagu. Kedua, senam juga biasa dilakukan secara berkelompok. Dengan begitu, semangat berolahraga akan timbul terutama jika banyak peserta senam yang sama-sama berusia lanjut.

Memang, senam pun memiliki banyak variasi. Sebaiknya, cari senam dengan latihan kardio yang ringan. Senam kardio yang memiliki ritme sedang akan melatih kesehatan fisik, pernapasan, dan jantung.

Jika Anda merasa kelelahan saat senam bersama-sama, jangan paksakan tubuh dan putuskan untuk beristirahat, atur napas, dan minum air terlebih dahulu.

 

5. Latihan Keseimbangan

Keseimbangan menjadi salah satu masalah terbesar para manula terutama mereka yang jarang melakukan olahraga sejak muda. Akibatnya, sering terjadi kasus manula yang mudah terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Tidak sulit untuk melakukan latihan keseimbangan ini. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan berpegangan ke suatu tumpuan, lalu angkat kaki perlahan. Setelah merasa seimbang, lepaskan pegangan Anda.

Jika terasa sulit, lakukan hal tersebut dalam durasi yang bertahap. Anda mungkin hanya bisa bertahan seimbang selama beberapa detik pada percobaan pertama. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ketahanan Anda akan bertambah.

Lakukan latihan sederhana ini untuk masing-masing kaki. Karena mudah, Anda bisa melatih keseimbangan ini hanya dalam beberapa menit setiap harinya.

 

6. Push-Up

Jangan bayangkan push-up di lantai ala tentara, push-up yang satu ini dimodifikasi sedikit agar sesuai dengan keadaan para manula. Caranya, posisikan kedua telapak tangan menempel di dinding. Lalu, perlahan tekuk siku lengan sehingga posisi dada mendekat dengan dinding. Setelah itu, perlahan dorong dinding hingga posisi tubuh menjauh.

Push-up melatih berbagai otot di tubuh bagian atas dari mulai lengan, dada, bahu, dan punggung. Untuk melakukan push-up dinding yang benar, perhatikan juga posisi kaki Anda agar tetap pada tempatnya.

Sebaiknya, lakukan push-up dinding ini setiap hari atau seminggu tiga kali dengan hitungan rendah, yaitu sekitar 10 hingga 15 kali dalam sehari.

 

7. Tai-chi

Olahraga kuno yang berasal dari dataran Cina ini terkenal bisa melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh. Gerakannya lembut dan disertai dengan teknik pernapasan yang cocok untuk para manula. Tai-chi juga terkenal dapat membantu para manula menjadi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Kabarnya, para praktisi tai-chi rata-rata memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga ini. Melalui teknik pernapasan yang benar, tubuh bisa mendapatkan energi positif dari alam sekitar.

Walaupun banyak manula yang melakukan tai-chi, olahraga ini sebenarnya tidak terbatas untuk mereka yang masih muda.

 

Memang, diperlukan tekad yang cukup kuat untuk memicu badan tetap aktif di usia senja. Rasa lelah dan badan yang sudah tidak sekuat dulu membuat manula sering kali urung untuk olahraga rutin. Dengan kondisi badan yang sudah berubah, olahraga bisa saja menimbulkan masalah baru seperti salah urat, terkilir, atau keram.

Untuk menyiasatinya, coba manfaatkan minyak herbal yang bisa mengatasi gangguan yang sering terjadi pada saat olahraga. Minyak seperti Sagha Premium Theramedic Oil bisa meredakan nyeri persendian, otot, dan urat setelah berolahraga.

Menggunakan 100% bahan herbal, keamanan minyak ini pun terjamin.

Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, kesehatan para manula akan lebih terjaga serta mencegah penyakit untuk datang menyerang.

Bukan hanya yang muda, para manula pun butuh olahraga!

Artikel Lainnya

WhatsApp chat