Blog

‎Musim Hujan Sudah Datang, Inilah Beberapa Tips yang Perlu Anda Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Januari 13, 2018 | COMMENT

Pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan sering kali membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit. Hal ini karena tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Di saat daya tahan tubuh menurun, kuman dan bakteri penyebab penyakit akhirnya lebih mudah menyerang tubuh. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga saat musim hujan? Berikut adalah tips-tipsnya.

 

1. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Jika kebersihan lingkungan selalu terjaga, penyebaran penyakit yang biasa terjadi pada musim hujan tentunya juga dapat diminimalkan. Terlebih lagi, kelembapan udara yang tinggi saat musim hujan biasanya membuat sampah atau limbah mudah membusuk dan pada akhirnya menjadi tempat bersarang kuman-kuman penyebab penyakit. Karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan tong sampah, selokan, serta tempat-tempat lain yang berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

 

2. Pastikan untuk Selalu Higenis Setiap Hari

Berhubung kuman dan bakteri lebih leluasa berkembang biak pada musim hujan, penting bagi Anda untuk menjaga diri sendiri dan keluarga agar selalu higenis setiap saat. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan selalu mencuci tangan setiap kali Anda dan anggota keluarga pulang bepergian, setelah menyentuh suatu barang, sehabis dari toilet, serta sebelum dan sesudah makan. Sebab, tangan merupakan salah satu media yang menjadi sarana masuknya kuman dan bakteri penyebab penyakit ke dalam tubuh.

 

3. Konsumsi Vitamin C

Salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama musim hujan adalah dengan mongonsumsi vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem imun agar tetap stabil. Dengan fungsi imun yang selalu terjaga, tubuh tentu akan menjadi lebih fit dan kuat dalam menghadapi serangan penyakit. Jadi, perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu, dan masih banyak lagi.

 

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Udara dingin memang akan membuat Anda jarang merasa haus. Namun, tubuh tetap membutuhkan cairan untuk membantu proses-proses yang terjadi di dalamnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan asupan air putih selama musim hujan.

Setidaknya, pastikan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari agar tubuh terasa bugar dan tidak mengalami dehidrasi. Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain air putih, minum teh herbal atau jahe hangat juga sangat disarankan untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, terlebih jika Anda baru saja kehujanan.

 

5. Jaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan juga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama musim hujan. Sebab, suhu yang dingin akan membuat tubuh memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, asupan gizi juga merupakan salah satu aspek terpenting bagi sistem kekebalan tubuh. Apabila tubuh kekurangan nutrisi, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan kuman penyakit lebih mudah menginfeksi.

Adapun makanan-makanan yang sangat disarankan agar kondisi tubuh tetap sehat selama musim hujan adalah sayur dan buah. Kandungan vitamin dan serat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan secara bersamaan dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

 

6. Atur Pola Makan

Suhu yang dingin biasanya akan membuat nafsu makan semakin besar. Sayangnya, sistem metabolisme tubuh saat musim hujan bekerja lebih lambat dari biasanya. Jika Anda terus-terusan menuruti nafsu makan tanpa didukung dengan sistem metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya dapat menyebabkan berat badan Anda meningkat drastis. Karenanya, atur porsi makan Anda dan keluarga saat musim hujan agar nafsu makan yang besar tidak mengantarkan tubuh pada kegemukan.

 

7. Perhatikan Pola Tidur

Pola tidur yang teratur akan membuat tubuh selalu sehat dan fit. Masalahnya, udara yang dingin di musim hujan biasanya mengganggu pola tidur sebagian orang, sehingga mereka mengalami susah tidur atau bahkan malah mengantuk sepanjang hari. Untuk itu, pastikan Anda dan keluarga mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Namun, jangan pula tidur terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Waktu tidur yang disarakankan untuk orang dewasa adalah tujuh sampai delapan jam sehari, sedangkan untuk anak-anak porsinya antara 10 sampai 14 jam sehari.

 

8. Olahraga

Menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar dengan rutin berolahraga juga penting untuk Anda lakukan. Hujan dan dingin bukanlah alasan untuk melewatkan waktu berolahraga setiap hari. Berolahraga juga tidak harus dilakukan di luar ruangan; banyak aktivitas fisik ringan yang bisa Anda lakukan di dalam rumah bersama keluarga, seperti sit up, push up, yoga, dan lain sebagainya.

 

9. Gunakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Pakaian yang Anda kenakan juga dapat memengaruhi kesehatan Anda saat musim hujan. Baju yang tipis tentu kurang pas dikenakan di tengah udara dingin, terutama jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Saat musim hujan, sebaiknya gunakan pakaian yang lebih tertutup dan tebal agar Anda lebih merasa hangat dan terlindung dari udara dingin yang menusuk tulang.

 

10. Segera Mandi dan Keramas Bila Kehujanan

Terakhir, segera mandi dan keramas setelah kehujanan. Sebab, air hujan terkadang mengandung partikel-partikel polusi dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Sehabis mandi, oleskan Therapeutic Embrocation Oil dari Mijond Sagha untuk menghangatkan tubuh.

 

Menggunakan bahan baku pure essential spearmint dan peppermint yang bersertifikat therapeutic, minyak angin herbal ini berkhasiat untuk memberikan kehangatan bagi tubuh, menyembuhkan sindrom dengan segera, serta menciptakan sensari menyegarkan yang langsung bereaksi di titik nyeri.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga saat musim hujan. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

WhatsApp chat