Blog

Membahagiakan Orang Tua Lansia dengan Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raganya

Januari 12, 2018 | COMMENT

Jasa orang tua luar biasa besarnya. Sejak anak-anak masih dalam kandungan sampai setelah dewasa, orang tua masih terus memberikan perhatian dan kasih sayang. Memahami betapa besar jasa orang tua, banyak anak yang mencoba untuk membalas kasih sayang mereka. Apakah Anda juga memiliki keinginan yang sama?

Sebagai bentuk kasih sayang dan ungkapan terima kasih untuk orang tua, Anda bisa merawat mereka. Namun, merawat orang tua, khususnya yang sudah lanjut usia, membutuhkan perhatian khusus. Agar mereka tetap sehat, baik jiwa ataupun raganya, Anda perlu memahami cara merawat lansia dengan baik.

Dengan merawat orang tua, Anda bisa melakukan banyak cara untuk membuat mereka bahagia. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

 

1. Pertimbangkan untuk merawat sendiri di rumah

Setelah menjadi orang dewasa dan sibuk dengan pekerjaan atau anak-anak, tidak sedikit orang yang berpikir kalau mereka tidak sanggup merawat orang tua sendiri. Akibatnya, mereka lebih memilih mengirim orang tua ke panti wreda, tempat yang memang didesain untuk merawat para lansia. Di panti wreda, memang ada fasilitas yang cukup lengkap dan ada orang yang merawat sehingga Anda tidak perlu khawatir orang tua akan terlantar.

Namun, pertimbangkan juga untuk merawat orang tua yang sudah lansia sendiri. Dengan tinggal bersama, Anda jadi punya lebih banyak waktu bersama orang tua. Kalau memang Anda terpaksa harus menitipkan orang tua ke panti wreda, pastikan Anda sering-sering berkunjung agar mereka tidak kesepian jauh dari keluarga.

 

2. Berbicara dengan santun

Saat berbicara dengan orang tua, Anda harus santun dan sabar. Orang tua biasanya lebih sensitif daripada sebelumnya. Anda perlu berhati-hati dalam berucap agar jangan sampai melukai perasaan mereka. Kalau orang tua memiliki masalah pendengaran, Anda juga perlu berbicara lebih keras agar mereka bisa mendengar dengan baik.

Kalau Anda berbicara dengan santun, orang tua tentu akan merasa bahagia. Selain tidak merasa tersakiti, mereka juga bisa merasa bangga karena telah berhasil mendidik anak menjadi orang baik.

 

3. Menjadi pendengar yang baik

Banyak orang lansia menjadi lebih banyak bicara daripada saat mereka muda. Karena itu, cara membuat mereka bahagia sebenarnya sederhana. Anda cukup menjadi pendengar yang baik. Kalau mereka sedang bercerita tentang sesuatu, Anda tidak perlu membantah. Cukup dengarkan perkataan mereka dan berilah respons yang sesuai agar mereka cukup senang.

Kalau Anda merasa orang tua terlalu banyak bicara, jangan sampai Anda menyuruh mereka diam. Ingatlah bagaimana dahulu ketika Anda masih anak-anak, orang tua juga dengan sabar mendengarkan ocehan Anda. Saat inilah Anda perlu untuk membalas perlakuan baik mereka selama Anda masih kecil.

 

4. Membuat orang tua nyaman dan betah di rumah

Agar orang tua merasa bahagia, mereka harus merasa betah dan nyaman tinggal bersama Anda. Caranya, Anda dan seluruh anggota keluarga harus menerima kehadiran orang tua di rumah. Jangan sampai ada anggota keluarga yang menunjukkan ketidaksukaan akan keberadaan mereka.

Selain itu, pastikan tempat tinggal Anda cukup nyaman dan bersih. Rumah tersebut tidak harus besar, yang penting adalah kebersihannya. Lantai rumah tidak boleh kotor dan basah karena bisa membahayakan orang tua ketika mereka berjalan. Salah-salah, mereka bisa terpeleset.

Kalau orang tua menggunakan kursi roda, Anda perlu memastikan ruang-ruang di dalam rumah dapat dilewati oleh kursi roda. Jangan membiarkan ada lorong yang terlalu sempit sehingga orang tua tidak leluasa bergerak. Jangan lupa, sering-seringlah ajak orang tua untuk keluar rumah agar mereka bisa menghirup udara bebas.

 

5. Menyediakan makanan yang mudah mereka makan

Makanan adalah kunci kebahagiaan siapa saja. Bukan hanya bagi orang yang memiliki hobi mencicipi kuliner, makanan membawa kebahagiaan bagi semua orang. Tanpa makanan yang sehat, manusia akan memiliki masalah kesehatan dan tentunya menjadi kurang bahagia.

Jadi, untuk membahagiakan orang tua, Anda perlu memperhatikan makanan mereka. Masaklah makanan yang mudah mereka makan, misalnya jenis bubur. Tentu saja, bubur hanyalah contoh. Tekstur makanan yang tepat perlu disesuaikan dengan kondisi orang tua Anda.

Selain tekstur, Anda harus memperhatikan kebutuhan kalori orang tua. Kebutuhan kalori lansia biasanya lebih rendah daripada usia dewasa prima, yaitu sekitar 1.900 kkal per hari untuk laki-laki usia 65-80 tahun. Kalau usia sudah di atas 80, kebutuhan makanannya sekitar 1.525 kkal per hari. Untuk perempuan, kebutuhan rata-rata per harinya lebih rendah, yaitu sekitar 1.500 kkal (65-80 tahun) dan 1.425 kkal (di atas 80 tahun).

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi orang tua, Anda perlu menyajikan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan. Untuk orang tua yang kesulitan makan sayur atau buah, Anda dapat membuatkan jus untuk mereka.

Harus diperhatikan, Anda juga harus menghindari makanan yang dilarang oleh dokter yang menangani orang tua. Begitu juga dalam memberikan suplemen, Anda harus mempertimbangkan saran dokter apakah suplemen bersangkutan boleh diberikan atau tidak.

 

6. Memperhatikan kondisi kesehatan orang tua

Selain makanan, kondisi kesehatan orang tua juga harus diperhatikan. Dengan menjadi sehat dan bisa melihat anak-anak dan cucu (jika ada), orang tua akan merasa bahagia. Untuk menjaga kesehatan mereka, lakukan check-up secara rutin, olahraga ringan secara teratur, dan cek tekanan darah. Anda juga dapat melatih daya ingat orang tua dengan memberi mereka kesempatan untuk mengisi teka-teki silang atau menjawab soal kuis.

Apabila orang tua menderita penyakit tertentu, Anda juga perlu memperhatikan perawatannya. Misalnya, kalau orang tua menderita nyeri otot,  Anda dapat mengobatinya dengan Therapeutic Embrocation Oil.

 

Terbuat dari bahan spearmint dan peppermint, minyak tersebut cukup ampuh mengatasi nyeri. Selain itu, bukannya membuat dingin menggigil, minyak angin dari Sagha tersebut justru menimbulkan sensasi menyegarkan.

 

7. Menghabiskan waktu santai bersama

Bukan hanya kesehatan tubuh yang harus diperhatikan. Untuk merasa bahagia, kesehatan jiwa juga tak kalah pentingnya. Caranya, sering-seringlah menghabiskan waktu santai bersama mereka. Tidak harus liburan ke tempat tertentu, Anda bisa menghabiskan waktu bersama di rumah saja. Misalnya, dengan menonton film bersama atau sekadar mengobrol ringan seraya menikmati minuman hangat.

Itulah cara merawat lansia yang semoga bisa membuat orang tua Anda merasa bahagia—jiwa dan raganya. Jangan lupa, ungkapkan kasih sayang secara langsung agar orang tua tahu kalau Anda menyayangi mereka.

Artikel Lainnya

WhatsApp chat