Blog

Ladies, Lakukanlah Olahraga-Olahraga Berikut Ini Jika Ingin Cepat Hamil

Januari 7, 2018 | COMMENT

Faktor hubungan suami istri bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan jika ingin segera memiliki momongan. Sebab, kesehatan dan metabolisme tubuh yang baik juga menentukan peluang Anda agar cepat hamil.

Dalam hal ini, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh tentu dengan berolahraga secara teratur. Lalu, jenis olahraga seperti apa yang dapat meningkatkan kesuburan dan mewujudkan kondisi kehamilan yang sehat?

 

Olahraga dan Kesuburan Wanita

Manfaat olahraga bagi kesuburan wanita ternyata sudah banyak diteliti. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility pada tahun 2012, rutin berolahraga terbukti dapat mempercepat peluang seseorang untuk memperoleh kondisi kehamilan. Lebih jauh lagi, wanita yang berolahraga rutin selama 30 menit setiap hari juga akan memiliki risiko infertilitas atau gangguan ovulasi yang lebih rendah daripada wanita yang tidak melakukannya.

Olahraga juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Jika dilakukan secara rutin, hal ini bermanfaat dalam meningkatkan produksi hormon-hormon yang membantu pertumbuhan sel telur.

Meski begitu, olahraga yang dilakukan secara berlebihan ternyata malah tidak baik bagi kesuburan wanita. Menurut penelitian yang sama, wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga berat selama lebih dari lima jam seminggu dapat mengalami gangguan pada bagian ovarium, sehingga menyebabkannya sulit hamil.

Oleh sebab itu, intensitas dan durasi olahraga juga harus Anda perhatikan agar fungsi kesuburan berjalan optimal. Jika ingin cepat hamil dan mewujudkan kehamilan yang sehat, disarankan melakukan jenis-jenis olahraga yang dapat menunjang kehamilan secara rutin 5 hari seminggu dengan durasi selama 30 menit sehari.

 

Pilihan Olahraga agar Cepat Hamil

Tidak semua jenis olahraga dapat membantu mempercepat kondisi kehamilan. Apabila Anda ingin cepat hamil dan memiliki momongan, berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda coba.

 

• Berjalan

Selain bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah, berjalan juga merupakan salah satu jenis olahraga yang efektif untuk mempercepat kehamilan. Dengan berjalan kaki di pagi hari, tubuh akan menjadi relaks dan bugar sehingga kemungkinan pembuahan juga akan semakin besar.

Tak hanya itu saja, selain bagus bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil, rutin berjalan jail selama 30 menit sehari juga sangat baik bagi Anda yang sedang hamil besar. Sebab, aktivitas olahraga ringan ini dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit, mengurangi risiko keguguran dan kehamilan bermasalah, serta memperkuat otot-otot yang dibutuhkan dalam proses persalinan.

 

• Bersepeda

Selain berjalan kaki, bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan agar cepat hamil. Pasalnya, bersepeda dapat membantu mengontrol berat badan, meregangkan otot, serta melancarkan sirkulasi darah. Semua hal tersebut bermanfaat untuk kesuburan sehingga dapat memperbesar peluang Anda agar cepat hamil.

 

• Strength-training

Strength-training merupakan jenis olahraga yang bertujuan menjaga kesehatan tulang, meningkatkan keseimbangan tubuh, serta menguatkan otot-otot pusat. Bagi Anda dan pasangan yang sedang menjalankan program hamil, olahraga ini sangat dianjurkan dilakukan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu agar mempercepat kondisi kehamilan.

Jenis gerakan strength-training yang pertama adalah sit up. Gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan menghilangkan lemak-lemak yang ada di bagian perut.

Jenis gerakan yang kedua adalah senam kegel. Senam ini memiliki banyak manfaat bagi wanita karena dapat memperkuat otot vagina dan juga otot uterus sehingga orgasme lebih optimal. Bagi pria, senam ini bermanfaat untuk memperkuat otot penis serta mengontrol ejakulasi dini.

 

• Yoga

Melakukan aktivitas fisik yang dapat melatih otot-otot tubuh supaya lebih relaks seperti yoga juga dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, rutin melakukan yoga juga dapat membantu Anda mengatasi stres yang menjadi salah satu penyebab sulit hamil. Beberapa gerakan yoga yang baik untuk meningkatkan aliran darah pada organ reproduksi dan mengontrol keseimbangan hormon di antaranya adalah gerakan-gerakan yang berpusat pada pinggang, panggul, tulang belakang, serta perut.

 

Tips Melakukan Olahraga yang Aman agar Cepat Hamil

Nah, agar aktivitas olahraga yang Anda lakukan tetap aman dan tidak berisiko, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

 

• Konsultasikan Terlebih Dahulu dengan Dokter

Sebelum Anda memulai olahraga tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi fisik dan kebutuhan tubuh Anda dengan dokter. Pasalnya, tubuh setiap orang berbeda-beda sehingga jenis olahraga dan aturannya pun berbeda-beda.

 

• Hindari Olahraga Secara Berlebihan

Olahraga yang dilakukan secara rutin dengan intensitas yang wajar memang dapat meningkatkan peluang hamil. Namun jika dilakukan berlebihan, malah akan membuat Anda mengalami gangguan kesuburan sehingga sulit hamil. Bahkan, olahraga berlebihan juga dapat menguras tenaga dan membuat tubuh Anda lemas.

Karenanya, pastikan aktivitas olaharaga yang Anda lakukan tidak terlalu berat dan masih dalam batas normal. Misalnya, ketika joging, usahakan Anda masih tetap sanggup berbicara tanpa harus terengah-engah dan kehabisan napas.

 

• Selalu Jaga Berat Badan Ideal

Selain melakukan olahraga-olahraga di atas, menjaga berat badan ideal juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Apabila Anda memiliki berat badan di bawah rata-rata, sebaiknya tingkatkan asupan kalori Anda agar mencapai indeks massa tubuh (IMT) yang ideal atau persentase lemak tubuh sebesar 12%. Karenanya, apabila Anda berolahraga 5 kali seminggu, sebaiknya kurangi durasinya menjadi 3 kali seminggu.

Sebaliknya, jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya kurangi konsumsi kalori harian dan tingkatkan durasi olahraga secara bertahap hingga mencapai IMT yang ideal. Di samping itu, mengonsumsi Psyllium Husk dari Mijond Sagha juga bisa menjadi cara efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

 

Psyllium Husk merupakan serat larut air dari sekam biji psyllium yang efektif untuk memperlambat penyerapan karbohidrat, mengontrol nafsu makan, dan membantu Anda kenyang lebih lama. Cara terbaik untuk mengonsumsi super food ini adalah dengan mancampurkannya ke dalam jus buah favorit atau susu kedelai kesukaan ketika sarapan atau makan malam.

 

• Ajak Pasangan Ikut Berolahraga

Tidak hanya bagus untuk kesuburan wanita, olahraga juga bagus untuk meningkatkan kesuburan calon ayah. Karenanya, selalu ajak pasangan saat Anda melakukan aktivitas olahraga.

Nah, itulah manfaat olahraga dan beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan peluang kehamilan. Semoga bermanfaat!

 

 

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat