Blog

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia

Januari 11, 2018 | COMMENT

Jika Anda memiliki orang tua ataupun kakek nenek yang telah berusia lanjut, Anda tentu memiliki kewajiban untuk merawatnya dengan benar. Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh lansia, bagaimana cara merawatnya, serta menjaga kesehatannya.

Lansia merupakan usia yang rentan terhadap masalah fisik. Ketika seseorang telah berusia lanjut, daya tahan tubuh akan mulai menurun dan organ-oran tubuh mulai tidak bisa bekerja secara maksimal. Akibatnya, berbagai penyakit pun mulai menghampiri mereka.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyakit-penyakit yang rentan menghampiri lansia, dan apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kesehatannya.

 

Penyakit-Penyakit yang Sering Terjadi Pada Lansia

Semakin tua usia seseorang, semakin besar pula risikonya terserang penyakit. Sebab, semakin usia bertambah, fungsi tubuh akan semakin menurun akibat proses penuaan. Karenanya, tak heran jika banyak lansia menderita penyakit serius. Bahkan tak hanya satu penyakit saja, tetapi bisa dua atau lebih penyakit sekaligus.

Sebuah riset kesehatan berskala nasional yang melakukan riset setiap lima hingga enam tahun sekali, Risdekas (Riset Kesehatan Dasar), memaparkan kondisi kesehatan berbagai kalangan di Indonesia, termasuk lansia. Berikut adalah beberapa penyakit yang paling banyak menyerang lansia di Indonesia menurut data riset terbaru mereka pada tahun 2013.

 

• Hipertensi

Menurut data Risdeskan tahun 2013, hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit nomor satu yang paling banyak diderita para lansia. Sebab, tekanan darah akan cenderung meningkat seiring dengan semakin tua usia seseorang. Hal ini merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh saat usia mulai menua. Meski begitu, tekanan darah tinggi ini tetap berbahaya bagi lansia karena dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan strok.

Tekanan darah dikatakan tinggi jika sudah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Jika sudah mencapai angka tersebut, lansia sebaiknya diberikan pengobatan dan perawatan agar hipertensi tidak memburuk, misalnya dengan mengurangi asupan garam, mengontrol berat badan, menjauhi stres, serta berolahraga.

 

• Artritis (Radang Sendi)

Artritis atau radang sendi menjadi menyakit nomor dua yang paling banyak diderita oleh lansia di Indonesia. Artritis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada salah satu atau beberapa area sendi. Gejala awal penyakit ini bisa berupa rasa nyeri, kaku, bengkak, serta timbul ruam merah pada kulit bagian sendi. Lebih jauh lagi, penyakit ini juga dapat menyebabkan sendi menjadi kaku dan susah digerakkan.

Semakin bertambah usia seseorang, gejala yang ditimbulkan penyakit radang sendi ini bisa semakin memburuk. Anda pun perlu mengajak lansia untuk melakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan sebagai langkah pencegahan agar artritis tidak semakin memburuk.

 

• Strok

Strok adalah kondisi saat suplai darah ke otak tidak terpenuhi sehingga jaringan otak tidak memperoleh oksigen dan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsinya. Penyakit ini sangat berbahaya dan butuh pertolongan yang cepat untuk meminimalkan kerusakan otak.

Meskipun dapat menyerang berbagai golongan usia, tetapi lansia menjadi golongan usia yang paling rentan mengalami strok. Beberapa gejala dari penyakit ini antara lain mati rasa pada salah satu sisi tubuh, penurunan penglihatan pada salah satu atau kedua mata, kesulitan berbicara, sakit kepala tiba-tiba, serta menurunnya keseimbangan tubuh.

 

• Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau PPOK merupakan istilah yang mengacu pada beberapa penyakit paru-paru yang menghalangi aliran udara sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas. Adapun dua kondisi yang paling sering menyebabkan PPOK ini adalah emfisema dan bronkitis kronis.

 

• Diabetes Melitus

Diabetes melitus menempati urutan kelima sebagai penyakit yang paling sering terjadi pada lansia. Usia yang semakin tua menyebabkan banyak perubahan pada kondisi tubuh, termasuk cara tubuh menggunakan gula darah. Tidak heran, banyak lansia yang menderita diabetes melitus karena tubuhnya tidak dapat menggunakan gula darah secara efisien.

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena dapat menjadi penyebab sejumlah penyakit lainnya. Bagi penderita diabetes, menjaga asupan makanan dan berolahraga secara teratur merupakan dua hal penting yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

 

Tips Menjaga Kesehatan Lansia

Orang yang berusia lanjut tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan Anda. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan lansia yang bisa Anda lakukan.

 

• Perhatikan Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Orang yang berusia lanjut umumnya mulai menurun daya tubuhnya, sehingga mereka perlu menghindari makanan-makanan yang dapat membahayakan kesehatannya. Untuk itu, berikan pengertian kepada keluarga lansia Anda agar tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu kambuhnya penyakit dan membebani sistem pencernaan mereka. Sebagai gantinya, berikan banyak asupan makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan serat seperti buah dan sayur.

 

• Berikan Aktivitas Fisik Secukupnya

Bagi lansia, aktivitas fisik dapat bermanfaat untuk mencegah penurunan massa otot dan membuat kerja jantung lebih maksimal. Meski begitu, olahraga bagi lansia tentunya berbeda dengan orang pada umumnya. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lansia adalah berjalan, yoga, serta senam khuhus untuk orang tua.

 

• Pastikan agar Mereka Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Selain menjaga asupan makanan dan berolahraga, istirahat yang cukup juga sangat penting bagi lansia. Nah, agar lansia mendapat tidur yang berkualitas, cobalah mengganti perangkat tidur biasa dengan Mijond Healing Matress dari Mijond Sagha.

 

Matras ini merupakan matras kesehatan yang dibuat dari dua material alami, yaitu getah lateks organik dan serat bambu organik. Mengadopsi futon tradisional dari Jepang—negara dengan penduduk yang paling panjang umur, matras ini sangat baik bagi para lansia karena memiliki khasiat penyembuhan dan dapat memberikan kualitas tidur yang sangat baik.

 

• Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Stres akan menguras energi dan membuat tekanan darah cepat naik. Jika tidak terkontrol, hal ini dapat menyebabkan hipertensi bahkan berujung pada strok. Untuk itu, ciptakan suasana rumah yang dapat membuat lansia merasa nyaman dan tenang. Hindarkan ia dari kondisi atau permasalahan yang membuatnya marah atau tertekan.

 

Nah, itulah beberapa penyakit yang paling sering diderita lansia dan beberapa tips menjaga kesehatan lansia. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat