Blog

Ini 8 Terapi Ampuh untuk Mencegah Ejakulasi Dini

Januari 15, 2018 | COMMENT

Sebagai pria dewasa, Anda pasti tidak ingin mengalami kendala dalam bercinta. Meski begitu, ancaman berbagai macam penyakit bisa menyerang kapan saja. Salah satunya terjangkit ejakulasi dini.

Berdasarkan hasil riset International Society for the Study of Sexual Medicine, prevalensi ejakulasi dini sekitar 4-30 persen. Disfungsi ereksi tersebut bisa menyerang semua usia. Hal serupa juga diungkapkan Profesor J. Alex Pangkahila dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali.

Beliau mengatakan; tidak kurang dari 40 persen pria dewasa kerap mengalami ejakulasi dini. Menurutnya, penyakit ini bisa berdampak buruk dalam kehidupan rumah tangga. Bahkan, mampu menurunkan rasa percaya diri dan mengakibatkan frustrasi pada penderita.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda terhindar dari ejakulasi dini? Berikut ini terapi yang bisa diterapkan secara rutin.

 

1. Latih Otot Dasar Panggul dengan Senam Kegel

Gejala ejakulasi dini berhubungan dengan kekuatan otot pada pinggul pria. Untuk menormalkan fungsinya, lakukan senam kegel secara rutin. Menurut Yuchin Chang, terapis di Professional Physical Therapy and Training, New Jersey, salah satu yang mempengaruhi kemampuan seksual adalah otot pelvic di sekitar organ intim.

Bagaimana Anda bisa menemukan letak otot panggul? Caranya, coba tahan aliran urine ketika ingin buang air kecil. Jika ada otot yang berkontraksi dengan cepat, itulah otot panggul. Lokasi tepatnya di dasar rongga panggul hingga ke tulang belakang dan area kemaluan.

Menahan saluran urine merupakan gerakan senam kegel paling sederhana. Ulangi tahapan tersebut selama 5-20 detik. Praktikkan sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan frekuensi 10-20 kali per latihan.

 

2. Terapi Wortel, Efektif Cegah Ejakulasi Dini

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan mineral, salah satunya zinc. Jumlah zat ini sekitar 0,24 mg atau 2 persen dari total mineral. Nah, kandungan zinc tersebut sangat ampuh untuk menyembuhkan ejakulasi dini secara bertahap.

Mengapa zinc bisa mengatasi gangguan seksual tersebut? Begini, salah satu manfaat zinc adalah meningkatkan hormon testosteron. Karena itulah, gejala ejakulasi dini dapat dikurangi dengan mengonsumsi wortel atau minum jusnya.

Kombinasikan jus wortel tersebut dengan kuning telur. Menurut studi Boldsky, terapi ini sangat dianjurkan karena telur mengandung beta karoten. Zat ini bisa melancarkan aliran darah, merelaksasi tubuh, serta mengurangi rasa cemas.

 

3. Pijat Refleksi untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Anda pernah merasakan efek pijat refleksi? Pastinya, tubuh menjadi relaks, segar, dan tenang. Terapi ini juga bisa melancarkan peredaran darah, menormalkan tekanan darah, serta meminimalkan efek samping obat kanker.

Ternyata, terapi pijat refleksi pun bisa menyembuhkan ejakulasi dini jika diterapkan secara teratur. Di tubuh Anda terdapat titik-titik refleksi atau akupresur tertentu. Jumlahnya sekitar 8 titik yang tersebar di telapak kaki, dekat tumit, betis bawah, pinggul belakang, pusar, serta selangkangan.

 

4. Mengonsumsi Ramuan Tradisional

Anda menyukai ramuan tradisional? Biasanya, isi ramuan tersebut berupa rempah-rempah yang dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Nah, untuk menyembuhkan ejakulasi dini, bisa terapkan cara ini.

Jahe merupakan salah satu rempah yang bisa diolah menjadi ramuan tradisional. Caranya, siapkan jahe dua rimpang, jeruk nipis sebanyak satu buah, dan sebutir telur ayam kampung. Lalu, tambahkan gula, kopi bubuk, dan merica, masing-masing 1 sendok makan.

Pertama, cuci jahe sampai bersih, kemudian diparut sampai halus. Setelah itu, tuangkan satu gelas air, lalu peras. Air perasan jahe tersebut dicampurkan dengan kuning telur, air jeruk nipis, gula, kopi bubuk, serta merica. Kini, ramuan jahe siap diminum untuk mengatasi ejakulasi dini.

 

5. Mencegah Ejakulasi Dini dengan Terapi Ayurvedic

Penyembuhan dengan terapi ayurvedic sudah populer sejak ribuan tahun silam. Teknik ini biasa diterapkan dalam pengobatan Cina, India, Persia, Tibet, dan Afganistan. Ciri khas metode ayurvedic, yaitu mengandalkan bahan-bahan alami untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

Salah satu penyebab penyakit ejakulasi dini adalah gangguan psikis. Untuk menyembuhkannya, Anda harus melakukan terapi alternatif.  Menurut riset Katy Cooper, dari University of Sheffield Inggris, obat herbal ayurvedic bisa mengatasi ejakulasi dini.

Penerapan terapi ayurveda dapat dilakukan di berbagai tempat, termasuk di rumah. Semisal, dengan menggunakan minyak herbal Ultimate Theramedic Oil dari Mijond Sagha.

Anda bisa mengoleskan di titik tertentu sambil memijitnya pelan-pelan. Cobalah menerapkan terapi ini secara rutin; pasti tubuh lebih relaks dan terhindar dari stres.

 

6. Perbanyak Latihan Pernapasan

Coba ingat baik-baik, apakah yang terjadi pada otot Anda ketika orgasme? Dalam kondisi normal, otot akan menegang dalam waktu lama. Kemudian, merelaksasinya dengan orgasme.

Namun, bagi penderita ejakulasi dini, ketegangan itu tidak berlangsung lama. Berdasarkan studi Jack Grave, penulis Ejaculation Guru, latihan pernapasan adalah cara terbaik untuk mengatasi gangguan tersebut. Cobalah bernapas secara perlahan seolah terasa berat.

Kalau Anda pernah melakukan yoga, teknik ini memiliki prinsip yang sama. Manfaatnya, ketegangan otot bertambah sehingga proses penetrasi lebih tahan lama.

 

7. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menyembuhkan ejakulasi dini tidak hanya melalui pengobatan herbal, tetapi juga dengan menerapkan pola hidup sehat. Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam jurnal Archives of Internal Medicine, mengungkapkan bahwa pria dengan gaya hidup sehat pasti memiliki kehidupan seks yang baik. Pasalnya, peredaran darah lebih lancar sehingga menormalkan kinerja organ tubuh.

Pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi. Semisal, menyantap sayuran dan buah setiap hari, menghindari alkohol, serta tidak merokok. Pun harus disertai olahraga secara rutin, seperti jalan, yoga, dan  jogging.

 

8. Menghindari Stres

Apakah Anda pernah memikirkan sesuatu sampai menimbulkan cemas berlebihan? Hati-hati; mungkin itulah gejala awal serangan stres. Kondisi ini harus dihindari karena bisa mengganggu kehidupan seksual Anda.

Dilansir dari situs everydayhealth.com, kondisi stres membuat Anda tidak bisa menikmati hubungan intim. Begitu pun dengan fakta yang diungkapkan perusahaan Buyer Schering Pharma; sekitar 50 persen pria mengidap disfungsi ereksi akibat stres.

Jadi, mulai sekarang, kurangi aktivitas yang bisa menimbulkan beban pikiran. Awali dengan mencoba relaks meski sedang menghadapi masalah berat. Kemudian, hilangkan prasangka-prasangka negatif untuk menormalkan hormon kortisol di tubuh Anda.

Itulah 8 terapi ejakulasi dini yang mudah, praktis, serta bisa dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

WhatsApp chat