Blog

Apa Saja Jenis Olahraga yang Dianjurkan untuk Kesehatan Tulang?

Januari 11, 2018 | COMMENT

Tulang merupakan organ penyangga tubuh yang dapat tumbuh dan berkembang. Meski begitu, tulang cenderung kehilangan kepadatannya secara perlahan ketika seseorang menginjak usia 30 tahun. Hal inilah yang kemudian dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis.

Gangguan pengeroposan tulang ini tidak hanya terjadi pada lansia yang berumur 50 sampai 80 tahun, tetapi juga dapat terjadi lebih dini sebelum seseorang memasuki usia lanjut. Hal ini bergantung pada asupan nutrisi, jenis kelamin, serta gaya hidup yang dilakukan semasa muda. Misalnya jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, dan jarang berolahraga, maka risiko osteoporosis terjadi lebih dini juga akan semakin besar.

Di samping menjaga asupan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan menghindarkan tubuh dari zat-zat berbahaya, kebiasaan baik lain yang juga tidak boleh Anda tinggalkan adalah dengan rutin melakukan olahraga yang baik untuk tulang.

 

Bagaimana Olahraga Memengaruhi Kesehatan Tulang?

Tulang merupakan organ tubuh yang terus mengalami proses regenerasi. Organ ini tumbuh melalui mekanisme pelepasan jaringan tulang lama (osteoclast) dan pembentukan jaringan tulang baru (osteoblast). Dalam hal ini, tekanan yang diterima tulang saat tubuh bergerak aktif melalui aktivitas olahraga sangat memengaruhi kedua mekanisme tersebut.

Saat berolahraga, tulang akan mendapatkan tekanan dari berat badan yang ditopang dan kontraksi otot saat tubuh bergerak. Tekanan inilah yang kemudian menyebabkan pelepasan jaringan tulang yang sudah lama dan pembentukan jaringan tulang baru.

Jadi, respons tulang dalam membentuk jaringan tulang yang baru sangat bergantung pada tingkat kebugaran sesorang, dan umumnya hal ini terjadi secara perlahan. Karenanya, dibutuhkan frekuensi olahraga yang sering dan teratur dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Efek Olahraga Terhadap Kesehatan Tulang Dipengaruhi oleh Usia

Menjaga kesehatan tulang seharusnya sudah dimulai sejak usia anak-anak. Sebab, masa pertumbuhan tulang terjadi saat usia anak-anak hingga usia 25 tahun, dan kekuatan tulang sangat dipengaruhi oleh tingkat aktivitas fisik yang dilakukan ketika masa anak-anak.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of Bone and Mineral Research mengemukakan bahwa beberapa remaja berusia di bawah 21 tahun yang kurang aktif melakukan aktivitas fisik saat usia anak-anak, ternyata memiliki tingkat kepadatan tulang yang jauh lebih rendah ketika mereka remaja. Padahal, tingkat kepadatan tulang pada usia remaja ini berperan penting dalam mencegah penurunan massa tulang di usia dewasa. Tak hanya itu, peneliti juga menjelaskan bahwa kurang bergerak memiliki kaitan yang erat dengan rendahnya massa tulang ketika usia remaja.

Ketika masih dalam masa pertumbuhan atau sebelum menginjak usia enam tahun, seorang anak sebaiknya aktif bergerak setiap hari. Sementara itu, pada umur enam sampai 12 tahun, seorang anak sebaiknya aktif bergerak minimal 60 menit dalam sehari. Sebaiknya, jenis-jenis olahraga yang dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang juga tidak berhenti dilakukan selama tulang masih dapat mengalami proses penguatan, yakni sampai sekitar pertengahan umur 20.

Pada pertengahan usia 30 hingga lansia, tulang sudah tidak lagi mengalami proses penguatan dan kepadatannya akan mulai berkurang. Memperoleh asupan nutrisi yang baik untuk tulang dan tetap aktif bergerak merupakan dua hal yang penting untuk dilakukan agar kesehatan tulang tetap terjaga pada usia dewasa. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan jenis-jenis olahraga yang akan Anda lakukan.

Orang dewasa yang kurang aktif bergerak saat remaja akan lebih berisiko mengalami patah tulang saat olahraga. Untuk itu, sebaiknya hindari jenis olahraga yang memberikan tekanan berlebih atau membuat bagian tubuh tertentu menahan beban yang berat.

 

Jenis Olahraga untuk Kesehatan Tulang

Tidak semua jenis olahraga memiliki fungsi yang sama. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang

 

• Berjalan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang rutin berjalan kaki selama 4 jam dalam seminggu dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul hingga 42 persen, dibandingkan orang yang hanya berjalan kaki kurang dari satu jam setiap minggunya.

 

• Joging

Joging atau berlari merupakan jenis olahraga high impact weight bearing yang mampu membuat seluruh tulang bergerak dan mendapatkan beban, sehingga bagus untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

 

• Olahraga yang Menggunakan Raket

Berbagai jenis olahraga yang menggunakan raket seperti badminton, tenis, atau tenis meja terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang. Sebab, setiap kali Anda mengayunkan tangan untuk memukul bola, Anda akan melatih tulang dan otot yang ada di lengan dan pergelangan tangan. Selain itu, Anda juga dapat melatih tulang pinggul dan tulang belakang Anda saat berlari mengejar bola.

 

• Golf

Meskipun tidak mengeluarkan banyak keringat, golf juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama tubuh bagian atas. Ketika bermain golf, Anda akan banyak mengayunkan tangan, berjalan, atau bahkan berlari untuk mengejar bola. Hal ini tentunya akan membuat tulang belakang dan tulang panggul Anda bekerja lebih keras.

 

• Yoga

Menurut sebuah penelitian yang dilansir oleh Yoga Journal, orang yang rutin melakukan yoga memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih dari orang yang tidak melakukannya. Yoga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang yang rentan mengalami patah tulang, seperti tulang panggul, tulang pergelangan tangan, serta tulang belakang. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, koordinasi, serta ketangkasan tubuh.

 

• Angkat Beban

Olahraga yang satu ini akan memberikan beban bagi tulang dan otot, sehingga dapat memberikan keseimbangan pada pertumbuhan tulang. Setidaknya, lakukan olahraga angkat beban sebanyak dua kali seminggu untuk menstimulasi pertumbuhan tulang Anda.

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan tulang, dan beberapa jenis olahraga yang baik untuk menjaga kepadatan tulang.

Setelah melakukan olahraga-olahraga di atas, menggunakan Premium Theramedic Oil dari Mijond Sagha juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan tulang secara maksimal.

Selain bagus untuk melemaskan ketegangan otot dan pembuluh darah, minyak herbal yang mengandung 100% bahan alami ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi gangguan-gangguan olahraga, seperti keseleo, terbentur, keram betis, tendonvaginitis, atau salah urat.

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat