Blog

Anda Pekerja Kantoran? Jangan Abaikan 7 Hal Ini Supaya Tetap Sehat Jiwa dan Raga

Januari 12, 2018 | COMMENT

Seorang pekerja kantoran biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghadap layar komputer. Setidaknya, 8 jam dalam sehari, aktivitas pekerja kantoran berkutat di dalam ruangan. Meskipun bekerja di dalam ruangan terasa nyaman, sebenarnya hal ini dapat berisiko buruk terhadap kesehatan.

Ada beberapa penyakit yang menyerang pekerja kantoran karena kebiasaan duduk lama tanpa gerak, yaitu diabetes, penyakit pada mata, obesitas, dan penyakit persendian. Tak sedikit pula yang merasa stres karena jenuh menghadapi kondisi yang sama setiap hari.

Nah, untuk mencegah hal itu, ada beberapa hal sederhana, tetapi bermakna, yang bisa dilakukan seorang pekerja kantoran. Berikut ulasannya.

 

1. Menyempatkan diri untuk bergerak setiap 60 menit

blibli.com

Sibuk menyelesaikan pekerjaan adalah hal yang positif. Namun, banyak pekerja kantoran yang kerap lupa bergerak ketika sudah menghadap meja kerja. Berbagai urusan pekerjaan yang harus segera diselesaikan rupanya sangat menyita perhatian. Akibatnya, tubuh menjadi kurang gerak.

Jika tubuh tidak bergerak dalam jangka waktu lama, ada beberapa risiko yang bisa terjadi. Dikutip dari Boldsky.com, masalah kesehatan yang akan dialami adalah stres, gangguan tidur, metabolisme lambat, tekanan darah tinggi, obesitas, dan tulang lemah. Hal ini akan semakin diperburuk oleh kebiasaan mengudap yang tanpa henti.

Untuk itu, seorang pekerja kantoran disarankan untuk bergerak, minimal sekali dalam 60 menit. Lakukanlah peregangan tubuh yang sederhana. Anda juga bisa melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan-jalan sambil menyapa teman di kubikel lain untuk menyegarkan pikiran dan tubuh.

Selain itu, jadwalkanlah pula olahraga selama 30 menit, seperti jogging, berenang, atau aktivitas outdoor lainnya yang membuat Anda bisa berkeringat.

 

2. Tidur cukup dan makan secara teratur

massagemag.com

Apakah Anda harus lembur di kantor untuk menyelesaikan proyek bulanan? Tidak masalah, asalkan waktu tidur dan pola makan tetap teratur. Kebutuhan tidur orang dewasa minimal 7-8 jam per hari. Sebaiknya, beristirahatlah pada waktu yang sama setiap hari untuk menciptakan alarm bagi tubuh.

Untuk kualitas tidur yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Mijond Healing Matress dari Mijond Sagha.

 

Ini adalah alas tidur yang dirancang khusus dan dibuat dari bahan alami, yaitu getah latex organik dan serat bambu organik. Keduanya sangat berkhasiat, baik untuk penyembuhan penyakit maupun untuk memberikan kualitas tidur maksimal bagi penggunanya.

Pola makan pun harus diperhatikan. Sebagai pekerja kantoran, Anda mungkin tidak melakukan banyak aktivitas fisik. Namun, energi pasti sangat terkuras dengan berbagai tugas yang harus dikerjakan dan diselesaikan setiap hari. Makanlah sayur dan buah untuk memenuhi konsumsi serat sehingga Anda terbebas dari masalah pencernaan.

 

3. Hangout bersama teman saat akhir pekan

maybusch.com

Ya, seorang pekerja kantoran juga memerlukan refreshing di luar kubikelnya yang sempit. Oleh karena itu, pergunakan waktu akhir pekan untuk menjelajahi lokasi wisata hits di daerah Anda bersama para sahabat. Jika tubuh terlalu lelah untuk bepergian, jadwalkan saja wisata kuliner ke tempat-tempat favorit.

Percayalah, dengan melakukan hal-hal ini, Anda akan lebih bersemangat menjalani hidup. Segala kejenuhan akibat rutinitas selama seminggu akan lenyap dan berganti dengan antusiasme menjalani hari yang baru. Ini merupakan modal utama Anda untuk tampil maksimal pada minggu berikutnya.

 

4. Jadilah relawan untuk kegiatan sosial

jelajahpulauid.org

Meskipun berstatus pekerja kantoran, Anda pun bisa ikut berpartisipasi dalam sebuah gerakan sosial. Ada banyak cara yang bisa dilakukan selain turun ke lapangan, seperti membantu kegiatan administratif yang bisa dikerjakan di rumah.

Menjadi relawan mungkin saja akan menyita waktu dan tenaga. Apalagi sehari-hari Anda sudah berkutat dengan berbagai urusan pekerjaan yang tak kunjung habis. Namun, kerelaan tersebut akan berdampak pada kepuasan dan kelegaan karena dapat memberikan sesuatu untuk sesama.

 

5. Sesekali ambil cuti panjang untuk traveling

ulinulin.com

Seorang karyawan memiliki jatah cuti selama 12 hari dalam setahun. Pergunakanlah jatah tersebut untuk melakukan traveling ke berbagai daerah impian Anda. Traveling sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Secara fisik, traveling akan melatih otot-otot tubuh dan daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Traveling juga bisa membuat Anda lebih terbuka dalam pikiran. Menemui berbagai latar belakang budaya, suku, dan perbedaan-perbedaan lainnya akan melatih Anda untuk lebih mampu menerima dan bertoleransi. Tak heran, orang yang kurang piknik biasanya kaku, mau menang sendiri, dan mudah tersinggung.

Dalam hal ini, ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu traveling bersama rombongan maupun solo traveling. Kedua-duanya akan memberikan pengalaman berbeda bagi Anda.

 

6. Tambah keahlian dan pengetahuan

amazonaws.com

Menyandang status sebagai pekerja kantoran bukan berarti Anda boleh berhenti belajar. Bagaimana pun, keahlian dan pengetahuan harus tetap dilatih supaya jiwa tetap berkembang.

Untuk itu, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Pertama, membaca banyak buku. Kedua, rajin berdiskusi dengan orang-orang yang luar biasa. Anda juga bisa mencoba berbagai hal baru atau mempelajari keahlian baru, misalnya bermain musik, merajut, dan sebagainya.

Hal-hal baru akan membuat pikiran lebih tertantang sehingga rasa jenuh akan hilang dengan sendirinya.

 

7. Hindari gosip

indianlink.com

Bergosip adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan membicarakan orang lain, terutama kekurangannya, perasaan lebih baik akan muncul. Hal ini juga akan menimbulkan kepuasan yang palsu. Sayangnya, banyak orang tetap melakukannya meskipun berefek negatif, baik bagi tubuh maupun bagi kebersamaan dalam komunitas tersebut.

Gosip di lingkungan kantor adalah hal yang biasa terjadi. Banyaknya orang dengan karakter yang berbeda-beda menjadi salah satu pemicunya. Namun, jangan terpancing untuk ikut-ikutan melakukan aktivitas ini. Selain tidak berfaedah dan membuang waktu, gosip juga dapat menyakiti orang lain.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran yang terkungkung oleh aturan jam kerja yang sangat ketat. Supaya tetap sehat jiwa dan raga, jangan abaikan 6 hal ini, ya.

Artikel Lainnya

WhatsApp chat