Blog

7 Langkah Ayurvedic untuk Mencegah Rematik

Desember 28, 2017 | COMMENT

Rematik merupakan penyakit yang terjadi karena otot atau persendian mengalami peradangan serta pembengkakan. Setidaknya ada sekitar 100 jenis rematik dan salah satunya adalah Rheumatoid Arthritis.

Penyakit Reumatoid Arthritis sendiri terjadi karena perubahan kondisi kekebalan tubuh. Hal ini membuat sistem menjadi abnormal dan berbalik menyerang jaringan-jaringan sendi, akibatnya sendi-sendi yang diserang mengalami peradangan dan menimbulkan gejala seperti berikut:

  1. Sendi membengkak karena penumpukan cairan
  2. Badan terasa kaku terutama saat pagi hari atau setelah lama tidak digerakkan
  3. Kulit memerah dan terasa panas, serta
  4. Senantiasa merasa sakit akibat peradangan aktif.

Penyakit rematik rentan menyerang siapa saja, termasuk anak muda atau Ibu dan Bapak yang berusia di atas 60 tahun. Penyakit ini tidak hanya berpengaruh pada sendi tetapi juga vitalitas tubuh dan berkurangnya nafsu makan. Untuk mengatasinya, ada berbagai jenis pengobatan yang bisa dipilih. Melalui dokter dan mengonsumsi obat-obatan medis atau pengobatan alternatif dengan teknik Ayurvedic.

 

Pengertian Ayurvedic

Pengobatan Ayurvedic merupakan teknik pengobatan yang pertama kali dipelopori oleh Dhanvantari, seorang ahli pengobatan India, sekitar 1500 SM. Teknik pengobatan ini dituliskan dalam sebuah buku bernama “Sama” dan mengajarkan berbagai teknik pengobatan, macam-macam obat dari tanaman, pembuatan aroma terapi, dan ajaran untuk membudayakan hidup sehat.

Para pakar menyatakan, Kitab Ayurvedic memiliki sejarah panjang dalam dunia pengobatan tradisional. Bahkan salah satu bagian Ayurvedic yaitu Kitab Atreya Samhita merupakan salah satu buku kedokteran tertua di dunia.

Dalam Ayurvedic, sebuah penyakit muncul disebabkan oleh tidak seimbangnya unsur-unsur dalam tubuh. Unsur-unsur tersebut dikenal dengan nama Tri Dhosa yang berasal dari kata “Tri” (tiga) dan “Dhus” (melemahkan). Tubuh menjadi lemah karena rusaknya keseimbangan raga yang semula sehat menjadi sakit.

Tri Dhosa sendiri terdiri dari, Vatta (angin atau udara), Pitta (empedu atau panas), dan Kapha (lendir). Dalam tubuh yang sehat tiga unsur ini pasti ada dan seimbang karena semuanya berperan dalam melakukan setiap aktifitas penting tubuh. Jika tiga unsur tersebut rusak, maka diperlukan sebuah teknik untuk menyeimbangkan kembali.

Inilah yang menjadi dasar pengobatan dengan teknik Ayurvedic. Dalam hal mengobati rematik, berarti kita harus menyeimbangkan dahulu Tri Dhosa dalam tubuh melalui beberapa langkah.

 

7 Langkah Ayurvedic Untuk Mencegah Rematik

Mijond Sagha merupakan salah satu produsen minyak esensial yang mengaplikasikan pengobatan Ayurvedic di Indonesia. Mijond Sagha mengombinasikannya Ayurvedic dengan teknologi untuk menghasilkan minyak esensial yang mampu mencegah dan mengatasi segala penyakit.

Meskipun begitu, obat-obatan ini tidak akan memberi hasil maksimal jika kita tidak mau mengubah dan menyeimbangkan gaya hidup. Perubahan tersebut bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan senantiasa berfikir positif baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Nah, di bawah ini merupakan 7 langkah Ayurvedic yang dapat mencegah rematik dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih sehat, di antaranya:

 

1. Snehana

pinimg.com

Snehana merupakan penyeimbangan Tri Dosa dengan mengoleskan minyak esensial untuk pengobatan eksternal dan jamu atau loloh untuk pengobatan internal. Untuk mengobati dan mencegah rematik, Mijond Sagha menggunakan Premium Theramedic Oil setiap malam sebelum tidur.

Meskipun Premium Oil hanya membantu sekitar 40%, bukan berarti teknik Ayurvedic tidak efektif. 60% keberhasilan pengobatan ini ditentukan oleh tekad dan kemauan Anda untuk bisa sembuh dan beraktivitas seperti semula.

 

2. Swedana

healthxtourism.com

Swedana adalah aktivitas olah jantung melalui gerakan yoga dengan tujuan mengeluarkan keringat dan racun dari dalam tubuh. Teknik ini tidak hanya dapat melemaskan sendi tetapi juga meringankan tubuh sehingga badan terasa lebih lentur dan bertenaga.

 

3. Nadi Swedana

balayoga.com

Nadi Swedana merupakan pengobatan menggunakan uap dari herbal yang dipanaskan. Dalam teknik pengobatan Sagha, uap panas didapatkan dari larutan Premium Oil yang didihkan lalu uapnya disalurkan melalui pipa ke beberapa bagian tubuh terutama otot-otot, tulang belakang, sendi dan bagian lain yang rusak akibat rematik.

 

4. Shirodhara

ytimg.com

Shirodara merupakan teknik pengobatan dengan meneteskan minyak esensial Ultimate Theramedic Oil di sekitar dahi dan di antara alis. teknik ini bertujuan untuk menyeimbangkan unsur vatta dan menenangkan pusat saraf. Selain itu, Shirodara juga dapat menyeimbangkan badan dan pikiran dan membiarkan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dengan cara alami.

Teknik ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dan diulangi sekitar 3 sampai 4 kali selama satu minggu.

 

5. Pinbinchbali

sqspcdn.com

Teknik pengobatan ini menggunakan minyak esensial Premiun Theramedic Oil atau Ultimate Theramedic Oil yang dicampur dengan tepung beras lalu dibungkus menggunakan kain kasa. Kain berisi campuran tepung dan minyak selanjutnya digosokkan ke tubuh penderita rematik secara menyeluruh sambil menekan dan memeras bungkusan.

Cara ini cukup efektif untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan akan lebih efektif jika dilakukan secara berulang-ulang.

 

6. Pinda Swedana

shiva.cc

Pinda Swedana merupakan langkah Ayurvedic ke-6 untuk mencegah rematik. Teknik ini berupa pemijatan lembut dengan cara yang hampir sama seperti Pinbinchbali. Bedanya, minyak esensial yang digunakan dicampur dengan susu sebagai tambahan nutrisi.

Campuran ini agak panas dan difokuskan pada bagian yang otot dan sendinya terganggu. Lakukan Pinda Swedana selama sekitar 10 hingga 20 menit untuk hasil yang maksimal. Selain rematik, teknik ini juga dapat menyembuhkan penyakit otot dan tulang lain seperti sclerosis atau osteoporosis.

 

7. Panchakarma

panchakarmadnya.com

Langkah Ayurvedic yang terakhir ini menggunakan lima prosedur berbeda dengan satu tujuan, yaitu untuk memurnikan dan menyeimbangkan Tri Dosha dalam tubuh. Panchakarma bertujuan untuk mengeluarkan kelebihan Dosha melalui sistem alami pembuangan tubuh yaitu kulit (keringat), alat kelamin (kencing), anus (feces), mulut (muntah), dan hidung (lendir).

Salah satu langkah Panchakarma adalah dengan mengoleskan minyak esensial. Teknik ini diadaptasi oleh Mijond Sagha dengan membuat minyak yang memiliki teknologi Micro Bio Molecule. Teknologi ini memungkinkan minyak terserap kulit dengan sempurna dan bekerja aktif menyeret racun serta sel mati dalam tubuh lalu mengeluarkannya secara alami melalui keringat, air kencing, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 7 langkah Ayurvedic untuk mencegah rematik dan mengembalikan kondisi tubuh. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat