Blog

7 Cara Sederhana Menunjukkan Cinta Kepada Orang Tua Lanjut Usia

Desember 19, 2017 | COMMENT

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah lansia di Indonesia pada 2014 lalu mencapai 20,24 juta jiwa. Mereka tinggal di 16,08 juta rumah tangga. Ada yang tinggal bersama keluarga besar, keluarga inti dan pasangan, ada pula yang tinggal sendiri. Berdasarkan rasio ketergantungan, sekitar 100 penduduk produktif di Indonesia seharusnya menanggung 13 orang lansia.

 

Di Indonesia, seseorang tergolong kategori lansia apabila telah berusia 60 tahun ke atas. Menurut Dorothy Worth dalam artikel yang berjudul The Emosional Need of Old People, kebutuhan emosional lansia sebenarnya tidak mengalami perubahan. Mereka tetap membutuhkan kasih sayang, merasa berguna dan independen, serta memiliki jaminan tempat tinggal dan makanan yang memadai. Masalahnya adalah sumber pemenuhan kebutuhan itu kini berbeda.

 

Nah, berdasarkan kondisi tersebut, berikut 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menunjukkan cinta kepada orang tua lanjut usia.

1. Jika tidak tinggal bersama orang tua, rutinlah mengunjungi mereka

legaltemplates.net

Berbahagialah Anda jika masih memiliki orang tua. Meskipun usia mereka semakin bertambah, kasih sayang yang mereka miliki tidak akan pernah berkurang. Jika Anda tidak tinggal bersama orang tua, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan perhatian dan kepedulian adalah rutin berkunjung atau setidaknya rajin menanyakan kabar mereka.

Pada masa tua, seseorang yang sudah pensiun biasanya akan mengalami masa-masa kesendirian karena aktivitas jauh berkurang. Mereka tidak lagi seperti dahulu ketika masih bekerja. Bisa jadi, tidak ada teman yang diajak mengobrol karena semua orang di sekitarnya sibuk dengan urusan masing-masing.

Oleh karena itu, sempatkan waktu sejenak pada akhir pekan atau ketika liburan untuk bertemu dengan orang tua. Berikan kejutan dengan berusaha hadir di tengah-tengah mereka. Meskipun sederhana, hal ini pasti akan membuat mereka merasa sangat bahagia.

 

2. Hargai keberadaan mereka dengan meminta pendapat

huffpost.com

Orang lanjut usia identik dengan produktivitas yang berkurang. Sebagian besar dari mereka bisa jadi sudah tidak lagi menghasilkan sesuatu karena alasan kesehatan atau tenaga yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu, wajar saja jika muncul perasaan tidak berguna di hati mereka.

Dalam kondisi ini, Anda dapat menunjukkan cinta dengan selalu menghargai keberadaan mereka sebagai orang tua. Caranya sederhana, misalnya memberikan mereka kesempatan untuk berpendapat ketika Anda hendak memutuskan sesuatu. Ingat, walaupun fisik menua, pertimbangan mereka justru semakin matang sehingga saran dan nasihat yang disampaikan pasti tidak asal-asalan.

Bentuk penghargaan lain yang bisa Anda lakukan adalah selalu mengikutsertakan mereka pada acara-acara keluarga. Sangat penting melakukan hal ini meskipun terasa sedikit “merepotkan”.

Percayalah, orang tua pasti akan merasa sangat senang.

 

3. Penuhi kebutuhan hariannya

tqn.com

Karena sudah tidak bekerja, sebagian lansia tidak lagi memiliki sumber pendapatan. Karena itu, mereka sangat membutuhkan bantuan keluarga untuk memenuhi keperluan hariannya. Tenaga yang sudah jauh berkurang juga kerap menjadi halangan bagi mereka untuk melakukan apa pun, bahkan untuk merawat diri sendiri.

Kebutuhan harian orang tua lansia sebenarnya sederhana, yaitu makanan yang cukup dan bergizi dan perawatan harian seperti mandi dan membersihkan diri. Nah, meskipun ekonomi Anda belum mapan sama sekali, itu bukan alasan untuk mengabaikan orang tua lansia. Kesibukan juga tidak seharusnya menjadi penghalang bagi Anda untuk memedulikan orang tua.

 

4. Sesekali, berikan kejutan sederhana yang manis

cdn.skim.gs

Sering kali, orang tua tidak mengharapkan apa pun dari sang anak karena ia masih sanggup memenuhi kebutuhannya. Jika kondisinya seperti ini, Anda dapat tetap menunjukkan kasih sayang dan kepedulian dengan memberikan kejutan sederhana dan manis.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah merayakan hari ulang tahunnya, sesekali menemaninya seharian melakukan hobi, mengajaknya makan di restoran favorit keluarga, dan sebagainya.

Bagi orang tua, wujud kepedulian itulah yang paling penting. Nilainya tidak terletak pada seberapa besar uang yang Anda keluarkan, tetapi seberapa berkualitas waktu yang dilalui bersama.

 

5. Ajaklah orang tua untuk liburan

listdent.com

Tanpa melakukan sesuatu, rasa bosan dan jenuh pasti akan melanda. Hal ini pasti sering dialami oleh para lansia. Oleh karena itu, mereka membutuhkan waktu dan tempat untuk menyegarkan diri. Sayangnya, anak-anaknya mungkin terlalu sibuk bekerja atau mengurus keluarga masing-masing.

Carilah kesempatan khusus untuk mengajak orang tua berlibur. Apabila kondisi fisiknya lemah, tidak perlu memilih destinasi yang jauh dari rumah. Hal yang terpenting adalah kebersamaan dan kehangatan yang bisa dirasakan pada momen spesial itu.

 

6. Jika memungkinkan, dukung orang tua untuk produktif lagi

ytimg.com

Pada beberapa kasus, kondisi fisik orang tua lansia masih kuat dan segar. Karena itu, mereka sangat ingin melakukan aktivitas produktif pada waktu senggangnya yang berlimpah. Sebagian anak biasanya akan melarang orang tua melakukan apa pun karena khawatir dengan risiko yang mungkin akan timbul. Padahal, risiko tersebut belum tentu akan terjadi.

Nah, jika Anda ingin menunjukkan cinta kepada orang tua, salah satu caranya adalah dengan mendukung keinginan mereka untuk produktif lagi. Tentu saja, dengan menyepakati beberapa persyaratan demi kebaikan bersama. Jika memungkinkan, sediakan fasilitas yang ia butuhkan, seperti transportasi, peralatan, dan sebagainya.

 

7. Persiapkan furnitur pendukung yang membuatnya nyaman

newliving.net

Selain perhatian, uang, dan segala bentuk kepedulian lain, hal yang juga bisa Anda lakukan adalah membelikan furnitur pendukung untuk mendukung kesehatan orang tua lansia. Salah satu contohnya, kursi yang empuk dan nyaman diduduki, kasur yang enak untuk ditiduri, dan sebagainya.

Salah satu produk yang bisa Anda jadikan sebagai hadiah bagi orang tua lansia adalah Mijond Healing Matress dari Mijond Sagha.

 

 

Matress yang terbuat dari getah latex organik dan serat bambu organik ini memang sangat cocok bagi lansia. Khasiatnya banyak, antara lain menyangga tulang punggung selama tidur, menghindari pembusukan kulit bagi pasien yang terus berbaring, dan membantu tubuh beristirahat secara total.

Demikian 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menunjukkan cinta kepada orang tua yang sudah lanjut usia. Apakah Anda siap untuk mempraktikkannya?

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat