Blog

5 Hal yang Harus Anda Ketahui dari Teknik Pengobatan Ayurvedic

Januari 3, 2018 | COMMENT

Pernah mendengar istilah Ayurvedic?

Ayurvedic merupakan teknik pengobatan berdasarkan kitab tradisional umat Hindu India. Kata Ayurvedic sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yaitu “Ayur” yang berarti kehidupan, dan “Vedic” yang berarti pengetahuan. Jika diartikan, Ayurvedic berarti ilmu yang membahas aspek kehidupan.

Kitab tradisional ini sudah beredar selama lebih dari 5.000 tahun dan menjadi buku panduan atau referensi dalam bidang kesehatan. Buku ini tidak hanya dimanfaatkan oleh ahli pengobatan India, tetapi juga Cina, Tibet, Yunani, Roma, Mesir, Afghanistan, dan Persia.

 

Pengobatan Ayurvedic

Sumber pengobatan teknik Ayurvedic adalah tanaman dan mineral alami. Dipadukan dengan terapi pemijatan, teknik pengobatan ini merupakan rangkaian pengobatan holistik yang mencakup jiwa dan kehidupan emosional maupun spiritual. Dalam Ayurvedic dikenal istilah Tri Dosha.

Tri Dosha sendiri merupakan 3 unsur penting yang berfungsi sebagai penyangga kehidupan sekaligus sumber penyakit jasmani jika tidak berfungsi secara seimbang. Tiga unsur tersebut adalah: vatta (elemen udara), pitta (elemen api), dan kapha (elemen air atau bumi).

Dalam terapinya, Ayurvedic mencari akar dari penyakit dengan menyeimbangkan unsur Tri Dosha dalam tubuh. Dalam kitab Ayurvedic kuno terdapat 8 cabang pengobatan yang nantinya berkembang menjadi berbagai terapan di ilmu kedokteran modern.

Delapan cabang Ayurvedic tersebut adalah: Pengobatan internal ( kāyachikitsā), Pengobatan telinga, hidung, tenggorokan (shālākya tantra), Ilmu tentang racun (Vishagara-vairodh tantra), kesehatan anak (kaumāra britya), ilmu bedah (Śhalyā tantra), psikiatri (Bhuta vidya), afrodisiak (Vājikarana), dan peremajaan kulit (Rasāyana).

Saat ini, Ayurvedic tidak hanya dikenal di kawasan Asia, sebagian Afrika, dan Timur Tengah saja. Ilmu ini telah mendunia dan diterapkan dalam berbagai cabang pengobatan modern seperti mengatasi penyakit kronis, penyakit dalam, penuaan dini, keperkasaan, stres, depresi, hingga masalah kecantikan.

 

5 Hal Tentang Teknik Pengobatan Ayurvedic

Dalam teknik pengobatan dari India ini, unsur alam dan herbal memegang peranan penting. Untuk memahami Ayurvedic, ada 5 hal tentang teknik pengobatan tersebut yang harus Anda ketahui. Di antaranya:

1. Mencegah bukan mengobati

Jika ingin menyembuhkan sebuah penyakit dan menghilangkan dari tubuh selama-lamanya dalam waktu singkat, Ayurvedic bukan pilihan yang tepat. Teknik pengobatan ini tidak bisa menyembuhkan penyakit secara total. Ayurvedic hanya bisa mencegah dan mengatasi sebuah penyakit dengan mencari sumbernya.

Instan bukanlah hal yang bisa dilakukan Ayurvedic. Teknik pengobatan ini membutuhkan proses yang berlangsung terus menerus dan rutin. Karena pada dasarnya, pengobatan ini hanya mampu mencari akar sebuah penyakit, menyeimbangkan unsur Tri Dosha, dan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dalam waktu yang tidak sebentar.

 

2. Mencegah penyakit dari akarnya

Berbeda dengan pengobatan medis yang hanya mempertimbangkan kebiasaan masa kini sebagai penyebab suatu penyakit, Ayurvedic melihat dan mencari akar penyakit dari kebiasaan masa lalu bahkan masa sebelum kelahiran. Karena menurut Ayurvedic, sumber penyakit tidak hanya berasal dari makanan tetapi juga unsur-unsur yang ada di dalam tubuh.

 

3. Herbal bukan kimia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ayurvedic menggunakan obat-obatan berbahan alami dan herbal untuk mencegah dan mengatasi sebuah penyakit. Bahan herbal yang digunakan biasanya berbentuk minyak esensial, minuman, dan nutrisi tambahan.

Untuk proses terapi, Ayurvedic meminimalisasi penggunaan alat modern dan menggunakan teknik pemijatan manual serta akupuntur untuk menyeimbangkan Tri Dosha dalam tubuh.

 

4. Pengobatan jasmani dan rohani

Berbeda dengan teknik pengobatan modern, Ayurvedic menggunakan terapi spiritual, dan fisik untuk mencegah atau mengatasi suatu penyakit. Meskipun tujuannya hanya satu penyakit saja, tetapi efek yang didapatkan sangat bermanfaat untuk tubuh baik secara jasmani dan rohani.

Pengobatan ini mampu membuat hati tenang, sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung dengan baik dan kemunculan penyakit lainnya bisa dicegah.

 

5. Pengobatan holistik

Meskipun menggunakan obat-obatan dan terapi tradisional, Ayurvedic bersifat holistik. Teknik pengobatan ini mampu menyembuhkan atau mencegah penyakit secara menyeluruh. Karena pengobatan Ayurvedic tidak hanya fokus pada penyakit, tetapi juga mencari sumber penyakit tersebut.

 

Ayurvedic untuk Kecantikan

Kecantikan tidak hanya soal tubuh langsing, kulit putih, atau tubuh tinggi. Lebih dari itu, sumber kecantikan utama yang sebenarnya adalah tubuh dan jiwa yang sehat. Selama dua hal tersebut bisa dijaga dengan baik, kecantikan pun akan terpancar dari wajah seseorang.

Inilah mengapa, Ayurvedic dan kecantikan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam teknik pengobatan ini, kecantikan merupakan salah satu efek yang didapatkan selain kesesehatan jika Tri Dosha dalam tubuh seimbang. Di Indonesia, teknik Ayurvedic sudah digunakan sejak agama Hindu masuk ke negara ini berabad-abad lalu.

Saat ini, salah satu perusahaan obat herbal dalam negeri yang menggunakan teknik Ayurvedic sebagai terapinya adalah Mijond Sagha. Perusahaan ini mengeluarkan rangkaian produk berbahan alami dengan teknologi Bio Micro Molecul yang bekerja lebih efektif karena cepat meresap di Kulit.

Produk Sagha sendiri terdiri dari Premium Theramedic Oil, Ultimate Theramedic Oil, Sagha Pure Lavender Oil, Hair Rejuvenate Theramedic Oil, Garam Enema, Minyak Angin Sagha, dan lain sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing.

Dalam hal kecantikan, produk yang sering digunakan biasanya adalah Sagha Pure Lavender Oil, Garam Enema, dan Hair Rejuvenate Theramedic Oil. Berikut merupakan beberapa manfaat teknik pengobatan Ayurvedic untuk kecantikan, di antaranya:

 

1. Membersihkan pori-pori

Membersihkan pori tanpa membuat kulit mengelupas bisa dilakukan dengan menggunakan susu mentah. Selain dapat menghaluskan kulit, susu ternyata dapat membantu menghilangkan kotoran yang tidak terlihat terutama yang tersembunyi di pori-pori.
Untuk hasil maksimal, gunakan garam Enema Sagha saat mandi dan berolahraga secara rutin. Salah satu olahraga yang dapat memaksimalkan teknik pengobatan Ayurvedic adalah Yoga.

 

2. Mengontrol dan menaklukkan jerawat

Ada dua bahan yang dikenal ampuh mengatasi jerawat, yaitu sandalwood dan kunyit. Paduan kedua bahan tersebut dapat mencegah jerawat meradang dan mengeringkannya dalam waktu yang relatif singkat.

Anda bisa membuat ramuan sandalwood dan kunyit dengan cara menumbuknya sampai halus dan dijadikan pasta agar mudah dioleskan ke wajah. Jika ingin lebih praktis, gunakan Ultimate Theramedic Oil untuk mengobati luka bekas jerawat secara menyeluruh.

 

3. Mencegah kerontokan dan menyehatkan rambut

Paduan pemijatan pada kulit kepala dan Sagha Hair Rejuvenate Theramedic Oil dapat membuat rambut senantiasa sehat serta terbebas dari risiko kebotakan.

Agar hasil maksimal, lakukan perawatan dengan minyak esensial Sagha secara rutin.

Kesehatan dan kecantikan merupakan dua hal yang diinginkan setiap orang. Untuk mendapatkannya diperlukan gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat. Pastikan juga, Anda menghindari bahan kimia karena sedikit banyak paparan bahan tersebut merupakan salah satu sumber penyakit.

Comments

comments

Artikel Lainnya

WhatsApp chat